KURIKULUM


Kurikulum yang dipakai yaitu kurikulum nasional, serta kurikulum sekolah yang diintegrasikan dengan nilai-nilai universal islam melewati pemahaman, kursus serta bimbingan yang dinamis serta terarah.
Selain hal ini atas, SD LENTERAHATI  Islamic Boarding School membangun kurikulum dan proses pembelajaran yang khas dengan berdasarkan pada kurikulum nasional (terbaru) yang diperkaya dengan kurikulum internasional yang sesuai dengan visi-misi SD LENTERAHATI  Islamic Boarding School dengan memperhatikan kondisi khas masing-masing anak.
Kurikulum SD LENTERAHATI  Islamic Boarding School mencakup program-program intrakurikular yang didukung  dengan aneka program penunjangnya baik yang besifat kokurikular, ekstrakurikular, klub-klub, event-event dan budaya sekolah yang merupakan bagian dari hidden curriculum sekolah yang memperkaya dan memperkuat pengalaman belajar tidak hanya bagi siswa, tetapi juga bagi orangtua.
Menerapkan paradigma multiple intelligences yang meyakini bahwa kecerdasan bersifat majemuk (meliputi tak kurang dari 9 jenis, termasuk kecerdasan musical, kecerdasan gerak, kecerdasan emosional, kecerdasan ruang dan seterusnya dan bukan tunggal sebagaimana paradigma lama berbasis IQ) bahwa kesemua kecerdasan itu memiliki nilai yang sama, dan bahwa semua anak pasti memiliki kecerdasan khas yang menonjol dan perlu untuk dikembangkan secara maksimum untuk menjamin keberhasilan hidupnya.
Menggunakan multimetode pembelajaran (teknis bagaimana pembelajaran dilaksanakan) antara lain ceramah, diskusi, role, play, games, dsb
Menekankan Authentic Assessment. Yakni menilai siswa yang lebih berfokus pada penilaian proses ketimbang angka kuantitatif, yang diperoleh lewat teknik assessment yang lebih berorientasi pada cara-cara penilaian di dunia nyata dan berbasis portafolio (kumpulan karya dan prestasi siswa sepanjang masa belajar), ketimbang standardized test (tes yang seragam), dan test out untuk materi pelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri.
Menerapkan program dwibahasa. Tujuan penerapan program ini adalah untuk mendukung kemampuan siswa dalam berbahasa inggri
Mengadopsi Cambridge International Primary Program (CIPP) untuk Sekolah Dasar. Dalam rangka memperkuat unsur internasional kurikulum dan menunjang keberhasilan program bilingual, yakni suatu program internasional di bawah naungan University of Cambridge International Examination (CIE), Inggris, CIE merupakan lembaga terbesar didunia yang menawarkan kualifikasi dan program internasional seperti GCE A Level, IGCSE, GCEO Level, dan CIPP.
Last but not least, penguatan nilai-nilai keIslaman secara integrative ke dalam setiap proses pembelajaran, termasuk di dalamnya penguasaan tata-cara ibadah sehari-hari.

Nilai - nilai pedagogis yang dianut SD LENTERAHATI  Islamic Boarding School :
·         Memandang bahwa tiap-tiap siswa mempunyai kecerdasan yang khas sesuai dengan rencana multiple intelligences dari Howard Gardner
·         Berpandangan lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tidak terbatas
·         Memandang sekolah sebagai tempat tinggal ke-2 untuk seluruh civitas
·         Meyakini bahwa sistem belajar yang memunculkan kreativitas serta daya belajar cuma dapat jalan dalam situasi demokratis, fun and enjoyable, contextual, brain based, enforcing, positive emotions, kompetitif dengan benar serta seimbang, mendorong kerja-keras berdasar kecintaan ( vocation ) serta student oriented
·         Memandang bahwa kesuksesan evaluasi di sekolah cuma dapat terwujud bila ada hubungan kerja yang baik pada guru/sekolah, orang tua serta masyarakat dengan keseluruhan
·         Mengembangkan keterbukaan serta inovasi terus-menerus menurut evaluasi serta temuan baru didunia pendidikan

Dengan berlandaskan rencana taksonomi bloom yang meliputi ranah kognitif, afektif serta psikomotorik, sistem evaluasi diinginkan mengembangkan life skills siswa didik ke tingkat yang sangat tinggi dengan cara-cara sebagao berikut:
·         Kompetensi personal : beriman kuat, bertakwa serta berakhlak mulia, yakin diri serta kreatif.
·         Kompetensi sosial : menguasai kekuatan komunikatif, mempunyai kekuatan menjalin serta membangun relasi dengan grup masyarakat yang bermacam, mempunyai kepribadian social serta cinta lingkungan
·         Kompetensi akademik : menguasai kemampuan-kemampuan basic, mempunyai kecintaaan pada ilmu dan pengetahuan, tahu cara mengembangkan ilmu, dan mempunyai wawasan luas.
·         Kompetensi vokasional : mempunyai keterampilan tinggi di bidang spesifik.

0 komentar: