KURIKULUM
Kurikulum yang dipakai yaitu kurikulum nasional, serta
kurikulum sekolah yang diintegrasikan dengan nilai-nilai universal islam
melewati pemahaman, kursus serta bimbingan yang dinamis serta terarah.
Selain hal ini atas, SD LENTERAHATI Islamic
Boarding School membangun kurikulum dan proses pembelajaran yang khas dengan
berdasarkan pada kurikulum nasional (terbaru) yang diperkaya dengan kurikulum
internasional yang sesuai dengan visi-misi SD LENTERAHATI Islamic
Boarding School dengan memperhatikan kondisi khas masing-masing anak.
Kurikulum SD LENTERAHATI Islamic Boarding School
mencakup program-program intrakurikular yang didukung dengan aneka
program penunjangnya baik yang besifat kokurikular, ekstrakurikular, klub-klub,
event-event dan budaya sekolah yang merupakan bagian dari hidden curriculum
sekolah yang memperkaya dan memperkuat pengalaman belajar tidak hanya bagi
siswa, tetapi juga bagi orangtua.
Menerapkan paradigma multiple intelligences yang meyakini
bahwa kecerdasan bersifat majemuk (meliputi tak kurang dari 9 jenis, termasuk
kecerdasan musical, kecerdasan gerak, kecerdasan emosional, kecerdasan ruang dan
seterusnya dan bukan tunggal sebagaimana paradigma lama berbasis IQ) bahwa
kesemua kecerdasan itu memiliki nilai yang sama, dan bahwa semua anak pasti
memiliki kecerdasan khas yang menonjol dan perlu untuk dikembangkan secara
maksimum untuk menjamin keberhasilan hidupnya.
Menggunakan multimetode pembelajaran (teknis bagaimana
pembelajaran dilaksanakan) antara lain ceramah, diskusi, role, play, games, dsb
Menekankan Authentic Assessment. Yakni menilai siswa yang
lebih berfokus pada penilaian proses ketimbang angka kuantitatif, yang
diperoleh lewat teknik assessment yang lebih berorientasi pada cara-cara
penilaian di dunia nyata dan berbasis portafolio (kumpulan karya dan prestasi
siswa sepanjang masa belajar), ketimbang standardized test (tes yang seragam),
dan test out untuk materi pelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri.
Menerapkan program dwibahasa. Tujuan penerapan program ini
adalah untuk mendukung kemampuan siswa dalam berbahasa inggri
Mengadopsi Cambridge International Primary Program (CIPP)
untuk Sekolah Dasar. Dalam rangka memperkuat unsur internasional kurikulum dan
menunjang keberhasilan program bilingual, yakni suatu program internasional di
bawah naungan University of Cambridge International Examination (CIE), Inggris,
CIE merupakan lembaga terbesar didunia yang menawarkan kualifikasi dan program
internasional seperti GCE A Level, IGCSE, GCEO Level, dan CIPP.
Last but not least, penguatan nilai-nilai keIslaman secara
integrative ke dalam setiap proses pembelajaran, termasuk di dalamnya
penguasaan tata-cara ibadah sehari-hari.
Nilai - nilai pedagogis yang dianut SD LENTERAHATI
Islamic Boarding School :
·
Memandang bahwa tiap-tiap siswa mempunyai
kecerdasan yang khas sesuai dengan rencana multiple intelligences dari Howard
Gardner
·
Berpandangan lingkungan sebagai laboratorium
belajar yang tidak terbatas
·
Memandang sekolah sebagai tempat tinggal ke-2
untuk seluruh civitas
·
Meyakini bahwa sistem belajar yang memunculkan
kreativitas serta daya belajar cuma dapat jalan dalam situasi demokratis, fun
and enjoyable, contextual, brain based, enforcing, positive emotions,
kompetitif dengan benar serta seimbang, mendorong kerja-keras berdasar
kecintaan ( vocation ) serta student oriented
·
Memandang bahwa kesuksesan evaluasi di sekolah
cuma dapat terwujud bila ada hubungan kerja yang baik pada guru/sekolah, orang
tua serta masyarakat dengan keseluruhan
·
Mengembangkan keterbukaan serta inovasi
terus-menerus menurut evaluasi serta temuan baru didunia pendidikan
Dengan berlandaskan rencana taksonomi bloom yang meliputi
ranah kognitif, afektif serta psikomotorik, sistem evaluasi diinginkan
mengembangkan life skills siswa didik ke tingkat yang sangat tinggi dengan
cara-cara sebagao berikut:
·
Kompetensi personal : beriman kuat, bertakwa
serta berakhlak mulia, yakin diri serta kreatif.
·
Kompetensi sosial : menguasai kekuatan
komunikatif, mempunyai kekuatan menjalin serta membangun relasi dengan grup
masyarakat yang bermacam, mempunyai kepribadian social serta cinta lingkungan
·
Kompetensi akademik : menguasai
kemampuan-kemampuan basic, mempunyai kecintaaan pada ilmu dan pengetahuan, tahu
cara mengembangkan ilmu, dan mempunyai wawasan luas.
·
Kompetensi vokasional : mempunyai keterampilan
tinggi di bidang spesifik.
0 komentar: